Pesona Kota Nha Trang, Vietnam


Sejarah perdagangan Indonesia dengan Vietnam bertebaran di kota-kota pantainya yang berabad-abad lalu adalah pelabuhan sibuk melayani perniaga internasional. Dalam tulisan sebelumnya, sudah kita kenal sedikit tentang kota lain yang juga tidak kalah menarik. Kali ini satu lagi kota penting milik Kerajaan Champa yakni Nha Trang yang dulunya bernama Kauthara, pusat kebudayaan dan keagamaan.

Sebetulnya nama Nha Trang adalah pelafalan lidah Vietnam untuk sungai Ya Trang (sekarang Sungai Cai) dalam bahasa Champa. Ya Trang mengalir di kota ini dan bermuara ke Laut Cina Selatan. Nha Trang adalah ibu kota Provinsi Khanh Hoa, berada di lekuk Teluk Nha Trang, pesisir tengah Vietnam. Luas kotanya 251 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 500ribu pada tahun 2007 bisa jadi pada tahun sekarang usdah mulai bertambah banyak. Suasan di kota trsebut mirip dengan suasanan kota Cirebon.

Berudara panas, lalu lintasnya tidak padat sehinga masih relatif aman bagi yang bersepeda di tengah kota. Kontur kota ini berbukit-bukit rendah karenanya walau berada di puncak bukit, tetap saja panas matahari tidak bisa dianggap ramah di kulit. Sepanjang pantai Nha Trang adalah taman kota yang berbatas dengan jalan raya Tran Phu, bertepi trotoar lebar dan teduh.

Menyebrangi Jalan Tran Phu yang sejajar dengan pantai, bertebaran hotel berbintang hingga hotel melati, berseling juga biro perjalanan, kafe, restoran dan penjual makanan kaki lima. Buku-buku (bajakan) bertema lokasi-lokasi wisata Vietnam termasuk Lonely Planet dijual secara asongan boleh ditawar hingga setengah dari harga pembukaan.

Perekonomian kita Nha Trang mengandalkan pariwisata dengan jualan utama pantainya yang bisa dikunjungi hampir sepanjang tahun kecuali Oktober hingga Desember, karena tiga bulan ini angin laut semakin kencang. Dulu, di sepanjang garis pantai Nha Trang adalah perkampungan Nelayan.

Saat pendudukan Prancis, Prancislah yang mengubah kampung nelayan ini jadi kota resor. Nha Trang kemudian juga menjadi tempat hiburan favorit tentara Amerika pada masa Perang Vietnam (1957-1975). Begituah kota Nha Trang sampai sekarang terus berkembang menjadi kota yang ada di Vietnam.


EmoticonEmoticon